PERKEMBANGAN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DAN KARAKTER DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL

  • Khairuddin Ependi Tambunan Universitas Negeri Medan
  • Elisabeth Tamara Ratu Hutauruk Universitas Negeri Medan
  • Irna Della Br. Ginting Universitas Negeri Medan
  • Nataline Simanjuntak Universitas Negeri Medan
  • Nidia Izmi Azizah Batubara Universitas Negeri Medan
  • Tri Ayu Fadillah Universitas Negeri Medan
  • Wanda Syakinah Universitas Negeri Medan

Abstract

Perkembangan kurikulum dalam sistem pendidikan nasional Indonesia dari Kurikulum 1947 hingga Kurikulum Merdeka bertujuan meningkatkan mutu pembelajaran melalui prinsip relevansi, fleksibilitas, efektivitas, dan kontinuitas, serta memperkuat pendidikan karakter berbasis Pancasila. Perubahan ini menekankan pengembangan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa melalui pendekatan berbasis kompetensi, pembelajaran kontekstual, dan integrasi nilai-nilai seperti kemandirian, kreativitas, serta tanggung jawab untuk mencetak generasi adaptif terhadap tantangan global. Implementasi kurikulum yang adaptif ini memastikan pencapaian tujuan pendidikan nasional dalam menghasilkan insan unggul yang berakhlak mulia dan kompetitif.
Kata Kunci: perkembangan kurikulum, mutu pembelajaran, pendidikan karakter, sistem pendidikan nasional, Kurikulum merdeka.

 

Published
2025-12-03