PERKEMBANGAN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DAN KARAKTER DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL
Abstrak
Perkembangan kurikulum dalam sistem pendidikan nasional Indonesia dari Kurikulum 1947 hingga Kurikulum Merdeka bertujuan meningkatkan mutu pembelajaran melalui prinsip relevansi, fleksibilitas, efektivitas, dan kontinuitas, serta memperkuat pendidikan karakter berbasis Pancasila. Perubahan ini menekankan pengembangan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa melalui pendekatan berbasis kompetensi, pembelajaran kontekstual, dan integrasi nilai-nilai seperti kemandirian, kreativitas, serta tanggung jawab untuk mencetak generasi adaptif terhadap tantangan global. Implementasi kurikulum yang adaptif ini memastikan pencapaian tujuan pendidikan nasional dalam menghasilkan insan unggul yang berakhlak mulia dan kompetitif.
Kata Kunci: perkembangan kurikulum, mutu pembelajaran, pendidikan karakter, sistem pendidikan nasional, Kurikulum merdeka.

