ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENJUALAN RUMAH DI AITAMI RESIDENCE JATIRANGGON

  • Devi Selawati
  • Tina Rosa
Keywords: Strategi Pemasaran, Meningkatkan Penjualan

Abstract

Pemasaran merupakan ujung tombak dari kegiatan suatu perusahaan karena pemasaran bertujuan untuk
menciptakan laba atau keuntungan sebesar-besarnya. Namun, pemasaran juga membutuhkan pemikiran yang
stratgeis agar pemasaran dapat sesuai dengan tujuan perusahaaan hal ini disebut sebagai strategi pemasaran.
Dalam strategi pemasaran terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan dalam menentukan
strategi pemasaran yang tepat. Seperti pasar sasaran yang dituju dan bauran pemasaran. Namun, pemasaran
dilakukan berdasarkan pada kemampuan dari setiap perusahaan, salah satu cara dalam melihat kemampuan dari
perusahaan adalah dengan analisis SWOT. Aitami Residence Jatiranggon merupakan perumahan yang
membutuhkan pemasaran dalam memasarkan produk-produknya. Sebagai perumahan yang baru berdiri Aitami
Residence Jatiranggon mampu bersaing dengan pesaingnya, dan keunggulan dari Aitami Residence Jatiranggon
adalah dengan melihat peluang yang ada.
Dalam penelitian ini akan diketahui, bagaimana strategi yang telah diterapkan oleh Aitami Residence
Jatiranggon, kemudian dalam penelitian ini akan diidentifikasi faktor yang dapat mempengaruhi Aitami Residence
Jatiranggon baik faktor Internal maupun Ekternal. Sehingga stratgei pemasaran yang diterapkan dapat tepat dan
sesuai dengan tujuan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang mana teknik pengumpulan datanya
dengan menggunakan wawancara oleh Manajer operasional Aitami Residence Jatiranggon, observasi, dan
dokumentasi yang kemudian data-data tersebut akan dianalisis menggunakan analisis SWOT.
Dalam penelitian ini ditemukan strategi yang dilakukan Aitami Residence Jatiranggon, yaitu promosi
melalui internet, penyebaran brosur dan pemberian fasilitas yang memuaskan bagi konsumen. Dalam penelitian
ini, analisis SWOT telah melahirkan strategi-strategi baru untuk pemasaran Aitami Residence Jatiranggon dan
dari hasil analisis yang didapatkan melalui keunggulan yang menunjukan bahwa Aitami Residence mampu
bersaing dan mengembangkan usahanya.

Published
2018-01-30