Dukungan Sosial Pendamping Bagi Siswa Disabilitas Netra dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Olahraga di SKh-IT Yarfin
Abstract
Penyandang disabilitas netra memiliki potensi yang sama dengan individu lainnya, meskipun sering menghadapi tantangan dalam aktivitas sehari-hari. Untuk mengoptimalkan potensi tersebut, penting bagi mereka mendapatkan dukungan sosial dari pendamping yang mampu memberikan motivasi, membangun rasa percaya diri, serta menumbuhkan semangat untuk terus berkembang dan berprestasi. Di sekolah SKh-IT Yarfin memberikan kepercayaan kepada siswanya yang tunanetra untuk mengikuti berbagai perlombaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dukungan sosial yang diberikan oleh para pendamping di SKh Yarfin dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan lima teknik Creswell (2014) pengolahan data, membaca seluruh data, melakukan koding data, mendeskripsikan data, dan menginterpretasikan maknanya. Teknik pemilihan informan penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan total sembilan informan, enam pendamping dan tiga siswa berprestasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial yang diberikan oleh pendamping di SKh-IT Yarfin memiliki peran yang besar dalam mendorong semangat dan kemampuan siswa disabilitas netra untuk berprestasi. Keberadaan pendamping dirasakan kehadiran nya oleh para siswa sebagai salah satu sumber motivasi untuk terus berprestasi.