The Application of Video-based Learning to Develop Students’ Proficiency in Phrasal Verb
Abstract
Studi ini menyelidiki efektivitas pembelajaran berbasis video (VBL) dalam meningkatkan kemahiran siswa dalam frasa kata kerja, yang merupakan aspek tata bahasa inggris yang menantang bagi pelajar non-asli. Metode pengajaran tradisional sering kali menyebabkan ketidakefektifan dan keterlibatan yang terbatas. Oleh karena itu, penggunaan video edukasi dieksplorasi sebagai alternatif yang lebih interaktif dan memotivasi. Kelompok eksperimen terdiri dari 26 siswa yang menjalani tes pra dan pasca yang berfokus pada pengenalan dan produksi kata kerja frasa. Item tes dikontekstualisasikan untuk mendukung pemahaman dan mengurangi jawaban yang tidak sesuai topik. Dalam tinjauan pustaka, penelitian sebelumnya oleh tanihardjo (2019), nadeak dan naibaho (2020), dan hairuddin et al. (2022) mengonfirmasi efek positif vbl pada hasil belajar siswa, terutama dalam motivasi dan pemahaman. Namun, penelitian oleh tanihardjo dan stardy (2022) menemukan efek terbatas ketika video tidak dirancang khusus untuk pembelajaran bahasa, yang menyoroti pentingnya konten yang ditargetkan. Dari video youtube yang berdurasi 7 menit tentang kata kerja frasa bahasa inggris, hanya 25 dari 68 kata kerja frasa yang diambil. Desain penelitian kuantitatif digunakan menggunakan uji-t sampel berpasangan. Temuan menunjukkan peningkatan yang signifikan secara statistik dalam skor pasca-tes dengan kenaikan 9,39 poin dibandingkan dengan hasil pra-tes. Studi ini juga menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis video terbukti menjadi metode yang sangat efektif untuk mengajarkan kata kerja frasa, terutama ketika video dirancang untuk pembelajaran bahasa. Dukungan visual dan konteks yang disediakan oleh video memang membantu pelajar memahami dan meningkatkan keterampilan pengenalan dan produksi.