Implementasi Strategi Marketing Public Relations Dekranasda Tangerang Selatan Dalam Mempromosikan Event Tangerang Art Festival 2024 Pada IG@Dekranasda_tangsel

  • Sandy Permata Universitas Mercu Buana
  • Novena Ulita Universitas Mercu Buana
  • Gadis Octory Universitas Mercu Buana
Keywords: Strategi Komunikasi, ,Marketing Public Relations, Promosi,Event,UMKM

Abstract

Perkembangan keterampilan didalam masyarakat saat ini menjadi penting untuk memberdayakan sumber daya manusia khususnya pada berbagai daerah. Keterampilan Masyarakat dalam membuat karya dalam berbagai bidang khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perlu mendapatkan pengenalan kepada konsumen sebagai salah satu cara untuk juga memperkenalkan daerah dan sumber daya potensial local yang berada dikawasan tersebut... Salah satu Kegiatan yamg dilakukan Dekranasda Tangerang Selatan untuk memperkenalkan UMKM Masyarakat lokal dengan melakukan event Dekranasda Art Festival 2024.. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi strategi komunikasi melalui marketing public relations untuk mempromosikan event Tangerang Art Festival 2024 yang dilihat dari konten instagram @dekranasda_tangsel.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasusAnalisis Isi Kualitatif. Hasil penelitian ini menjelaskan Strategi Marketing Public Relations yang dilakukan untuk mempromosikan event tersebut melalui 3 kriteria , yakni Push Strategy melalui konten konten yang sifatnya mengedukasi dan memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai marketing dan inovasi bisnis yang dipaparkan oleh para Pemilik UMKM. Selanjutnya penerapan Pull Strategi melalui bentuk iklan atau publikasi yang dilakukan melalui konten instagram yang memperkenalkan event tersebut dengan visualisasi para pejabat publik diwilayah Tangerang Selatan. Implementasi strategi yang terakhir yaitu PASS Strategi dengan cara mengajak audience berinteraksi dengan narasumber secara langsung dan juga adanya pengalaman dan testimoni yang baik yang berasal dari narasumber dan dibuatkan dalam bentuk konten kreatif pada akun instagram @dekranasda_tangsel.

Published
2025-11-04