Perilaku Berkendara Aman sebagai Mediator Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Pengemudi Mobil Tangki BBM PT. X di Bandung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perilaku berkendara aman sebagai mediator
pengaruh beban kerja terhadap kinerja pengemudi mobil tangki PT. X di Bandung. Sampel
penelitian berjumlah 134 orang pengemudi, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling.
Data dikumpulkan melalui skala model likert yang dikonstruksi sendiri oleh penulis, mencakup
skala kinerja pengemudi, skala perilaku berkendara aman, dan skala beban kerja. Pengolahan data
penelitian ini dilaksanakan melalui JASP 0.16.3.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa ada pengaruh langsung beban kerja melalui perilaku berkendara aman terhadap kinerja
pengemudi pengemudi mobil tangki BBM PT. X di Bandung, secara signifikan sebesar 0,429, dan
pengaruh tidak langsung beban kerja melalui perilaku berkendara aman terhadap kinerja pengemudi
mobil tangki BBM PT. X di Bandung, secara signifikan sebesar 0,372. Dapat dikatakan bahwa
pengaruh langsung lebih besar dari pengaruh tidak langsung. Kontribusi simultan beban kerja dan
perilaku berkendara aman terhadap kinerja pengemudi sebesar 35,6%, dimana 64,4% berasal dari
faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci : kinerja pengemudi, perilaku berkendara aman, beban kerja

