PROSES DAN HAMBATAN DALAM STRATEGI PROMOSI PEMASARAN BISNIS SOLEMATESSS

  • Muhammad Zaki Fauzan Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Yusuf Wicaksono Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Abstract

Perkembangan teknologi menuntut manusia untuk beradaptasi dan berpikir kreatif
dalam mencari peluang ekonomi, salah satunya melalui bisnis. Salah satu inovasi
yang digemari generasi muda adalah bisnis jasa cuci sepatu, yang memanfaatkan
kesibukan masyarakat urban yang tidak memiliki waktu untuk merawat sepatu
mereka. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi promosi dan hambatan yang
dihadapi bisnis cuci sepatu SOLEMATESSS. Promosi dilakukan melalui media
konvensional (mulut ke mulut, flyer, pesan instan) dan media digital (WhatsApp,
Instagram, TikTok). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi berperan
penting dalam memperkenalkan jasa, namun terdapat hambatan dalam
pelaksanaannya yang berdampak pada operasional dan penilaian kinerja.
Diperlukan evaluasi lanjutan untuk mengatasi hambatan tersebut dan meningkatkan
efektivitas promosi.
Kata Kunci: Promosi, Hambatan, Media Sosial, Media Konvensional

Published
2025-11-01