KOMPETENSI SOSIAL DALAM PEBELAJARAN KOOPERATIF BAGI MAHASISWA LPTK
Abstrak
Tujuan kajian ini untuk menjelaskan pemahaman tentang konsep pembelajaran kooperatif yang dapat
digunakan utnuk mengembangkan kompetensi sosial mahasiswa LPTK. Penguasaan kompetensi sosial
menjadi salah satu persyarat untuk menyiapkan kualitas lulusan LPTK yang sesuai dengan ketentuan profesi
guru. Metode kajian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Konteks kajian ini menekankan pada intepretasi konsep pembelajaran kooperatif bagi pengembangan
kompetensi sosial mahasiswa LPTK. Intepretasi konsep merupakan rumusan konseptual yang dapat
dipertanggungjawabkan, dimana rangkaian penjelasan modelnya disusun melalui analisis hasil penilaian
teoretis dari beberapa pakar dalam memahami prinsip dan prosedur pembelajaran kooperatif. Kategori
rumusan konseptual menggabarkan keterkaitan pembelajaran kooperatif dalam mengembangkan kompetensi
sosial.
Hasil kajian dapat dirumuskan bahwa secara konsep pembelajaran kooperatif merupakan proses
interaktif yang terjadi antara Dosen dan mahasiswa LPTK di lingkungan belajar yang saling bekerja sama
dalam mengembangkan kompetensi sosial.