Pengetahuan Mahasiswa Dan Dosen Terhadap Technopreneurship Di Bidang Fashion

  • Rahayu Purnama
Kata Kunci: Pengetahuan, Technoprenurship, Fashion Design

Abstrak

Perkembangan revolusi industri 4.0 yang akan memasuki industri 5.0 merupakan tantangan
dan peluang dalam menghadapi masa depan khususnya industri pakaian. Industri pakaian
memerlukan technopreneur di bidang fashion. Technopreneurhip merupakan kewiurasahaan dengan
berbasis teknologi. Untuk itu, pendidikan fashion diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan
keterampilannya dalam teknologi dan digitalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengetahuan dosen dan mahasiswa terhadap technopreneurship dibidang fashion. Penelitian
dilakukan di Program Studi Tata Busana Universitas Negeri Jakarta dengan responden 95
mahasiswa Pendidikan S1 Tata Busana Angkatan 2018 dan 2019 beserta Dosen. Waktu penelitian
dilakukan pada semester genap tahun 2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
survey dengan menggunakan kuesioner. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah statistik deskriptif yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara
mendeskripsikan atau menggambarkan data hasil penelitian. Hasil penelitian ini yakni pengetahuan
dosen dan mahasiswa terhadap technopreneurship di bidang fashion memiliki persentase yang ratarata
hampir sama untuk setiap sub-indikator, yaitu persentase sub-indikator otonomi, proaktif dan
agresifitas dalam kompetisi antara dosen dan mahasiswa sama besarnya. Sub-indikator inovatif,
persentase pengetahuan dosen lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa. Sedangkan persentase
sub-indikator pengambilan resiko, mahasiswa lebih tinggi dibandingkan dosen.

Diterbitkan
2021-10-28