Efektivitas Media E-Learning Berbasis Learning Management System (LMS) Di Era Pandemi Covid-19
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media e-learning berbasis learning
management system (LMS) di era pandemi covid-19 terhadap hasil belajar dan aktivitas
mahasiswa pada program studi Sistem Informasi dengan kompetensi metodologi penulisan ilmiah.
Penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain one group
pretest posttest yaitu penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok yang dipilih
secara random dan tidak dilakukan tes kestabilan dan kejelasan keadaan kelompok sebelum diberi
perlakukan. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa jurusan Sistem Informasi STMIK Hasan
Sulur Wonomulyo. Dengan sampel 15 mahasiswa semester tujuh. Hasil penelitian yang
didapatkan yaitu (a) analisis perolehan skor N-Gain pada pretest-posttest yang berada pada
kategori high yang berarti terdapat perubahan kognitif mahasiswa terhadap implementasi media;
(b) analisis aktivitas mahasiswa yang berada pada kategori sangat aktif. Berdasarkan hasil
penelitian yang diperoleh maka penerapan media e-learning berbasis learning management system
memenuhi kategori efektif. Learning Management System dapat digunakan sebagai referensi
media dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas mahasiswa