Hubungan Manajemen Waktu dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XII SMAN 4 Bekasi
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan manajemen waktu dan
dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XII
SMAN 4 Bekasi. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas XII SMAN 4 Bekasi dengan
jumlah populasi sebanyak 358 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah
Convenience Sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang
menggunakan 3 alat ukur, yaitu: skala prokrastinasi akademik, skala manajemen waktu,
dan skala dukungan sosial teman sebaya. Hasil penelitian menunjukkan terdapat
hubungan signifikan dan arah korelasi negatif antara manajemen waktu dan prokrastinasi
akademik dengan r sebesar -0,762 dan p = 0,000 < 0,05. Terdapat hubungan signifikan
dan arah korelasi negatif antara dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi
akademik dengan r sebesar -0,354 dan p = 0,000 < 0,05. Terdapat hubungan yang
signifikan antara manajemen waktu dan dukungan sosial teman sebaya dengan
prokrastinasi akademik pada siswa kelas XII SMAN 4 Bekasi dengan R = 0,767 dan p =
0,000 < 0,05.