Model Komunikasi Bisnis Jual Beli Buku Melalui Komunikasi Interpersonal dan Komunitas Grup Facebook

  • Iswahyu Pranawukir
  • Maria Jashinta Elisabet Hamboer
Kata Kunci: model komunikasi, bisnis buku, komunikasi interpersonal, komunitas grup

Abstrak

Transaksi jual beli terjadi akibat adanya pertukaran pesan dan informasi dalam pemenuhan
kebutuhan manusia juga dapat dikatakan sebagian dari aktifitas manusia dalam berkomunikasi
bisnis. Komunikasi bisnis telah merambah setiap bidang termasuk didalam jual beli buku secara
online termasuk media sosial Facebook. Penelitian ini ingin mengetahui model komunikasi bisnis
yang dilancarkan oleh penjual buku sebagai komunikator dan pembeli buku sebagai komunikan
disertai Facebook sebagai media pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian berupa observasi non
partisipan ataupun partisipan yang diketahui buku yang dijual beli online dibagi secara garis besar
menjadi tiga kategori jenis yaitu buku baru (cetakan baru/teks ajar), buku bekas
(seken/tekspelajaran), buku langka/antik (antique/rare). Sedangkan berdasarkan hasil wawancara
secara mendalam bahwa model komunikasi bisnis serta pemasaran melalui Facebook dapat
dikatakan masing-masing penjual dan pembeli buku memanfaatkan jejaring pertemanan
(friendlist) secara komunikasi interpersonal dan komunikasi kelompok (komunitas grup ) yang
memiliki kesamaan hobi mengkoleksi kedua kategori jenis buku diatas secara mutualfriend. Secara
berjejaring sosial setiap anggota pertemanan atau komunitas grup hidup berdampingan dalam
komunikasi bisnis dengan menerapkan strategi postingan berupa foto dalam menawarkan buku
melalui judul, dan kesamaan hobby untuk mengkoleksi buku untuk diperjual-belikan
kembali,sedangkan tema yang kerap dicari dan tampil laku pada wall postingan penjual buku
adalah buku tentang : Pramoedya Ananta Toer (PAT) kategori sastra, ideologi (buku kiri), militer,
sejarah, agama, politik, ekonomi,hukum, sosial dan budaya serta buku bacaan hobi seperti : komik
dan novel

Diterbitkan
2021-10-28