Integrating Instagram As A Media In Engaging Students Learn To Write Recount Text
Abstrak
Penelitian ini membahas tentang bagaimana Instagram digunakan sebagai media
dalam melibatkan siswa untuk belajar menulis teks recount. Penelitian ini bertujuan untuk
melihat bagaimana keterlibatan siswa dan perspektif siswa terhadap penggunaan
Instagram sebagai media belajar menulis teks recount. Penggunaan Instagram sebagai
media belajar menulis teks recount dipertimbangkan sebagai media yang komunikatif dan
fleksibel sehingga dapat digunakan untuk belajar didalam kelas maupun diluar kelas.
Desain penelitian ini menggunakan Classroom research dengan melibatkan enam orang
mahasiswa. Keterlibatan mahasiswa didapatkan melalui beberapa intrumen seperti:
lembar observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi. Adapun prosedur penelitian ini
terdiri dari Pre-Lesson, While-Lesson, dan Post-Lesson. Data yang telah didapatkan dari
beberapa instrumen tersebut di analisis dengan menggunakan Metode Miles dan
Huberman. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa ada dua fase dari Instagram
yang membantu siswa untuk belajar menulis, yaitu fase pemilihan foto dan fase menulis
caption dimana Instagram dapat menstimulasi ide menulis siswa dan menuliskannya pada
halaman caption foto. Selain itu, siswa merespon baik ketika menggunakan Instagram
sebagai media belajar menulis karena mereka termotivasi untuk menulis dengan baik.