Pengembangan Ilustrasi Pada Buku Pelajaran Lingkungan dan Budaya Jakarta Tingkat Sekolah Dasar
Abstrak
Pendidikan lingkungan dan budaya Jakarta (PLBJ) merupakan salah satu mata pelajaran yang
dibutuhkan dalam mempertahankan konsep atau nilai kehidupan masyarkat dan lingkungan budaya Betawi
bagi generasi penerus khususnya siswa SD. Penyampaian materi PLBJ di sekolah disampaikan melalui buku
pelajaran yang di dalamnya dikenalkan permainan tradisional Betawi, cerita rakyat Betawi, kesenian Betawi,
dan hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan hidup. Materi yang disampaikan tidak hanya dalam bentuk
uraian tetapi juga dalam bentuk ilustrasi. Namun sayangnya komposisi antara uraian dan ilustrasi tidak
seimbang dan mempengaruhi minat baca para siswa disekolah. Ilustrasi dalam buku dapat dikatakan wajib
khususnya bagi buku-buku SD. Karena ilustrasi yang menarik akan merangsang rasa ingin tahu dan motivasi
anak-anak untuk membaca buku. Oleh karena hal tersebut perlu adanya pengembangan ilustrasi yang sesuai
dengan materi buku dengan menggunakan metode educational research and development yang mempunyai
4 tahapan proses (4D) yaitu define (analisis kebutuhan ilustrasi), design (perancangan ilustrasi), develop
(penggabungan hasil ilustrasi dengan materi berbentuk uraian), dan disseminate (melihat respon dari para
siswa dan guru yang bersangkutan). Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan ilustrasi tentang
lingkungan dan budaya Jakarta khususnya permainan tradisional Dampu Bulan yang nantinya dapat
digunakan sebagai bagian dari pengembangan materi pelajaran PLBJ tingkat SD