Pengembangan Puzzle Kreatif Untuk Media Pembelajaran Anak Sekolah Dasar
Abstrak
Penelitian dilatar belakangi belum dikembangkannya media pembelajaran yang menarik minat
dan motivasi belajar peserta didik yang berdampak hasil belajar peserta didik yang masih rendah.
Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model
pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE , meliputi analysis, design,
development, implementation, evaluation. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran
berupa puzzle kreatif untuk anak sekolah dasar. Pengembangan media pembelajaran puzzle
kreatif materi Pancasila dilakukan melalui tahap potensi dan masalah, tahap pengumpulan data,
tahap desain produk, tahap validasi dan uji coba produk (skala kecil), tahap revisi, serta tahap
pemakaian produk di kelas. Berdasarkan ahli media dan materi, media pembelajaran puzzle kreatif
materi Pancasila sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan melakukan revisi
perbaikan sesuai saran dan komentar ahli. Persentase kelayakan yang diberikan ahli media yaitu
96,67% dan ahli materi sebesar 94,55%. Media pembelajaran puzzle kreatif materi Pancasila
mendapatkan tanggapan positif dari peserta didik dan guru, serta efektif untuk digunakan dalam
meningkatkan hasil belajar tematik tema pengalamanku seperti ditunjukkan adanya peningkatan
nilai hasil belajar. Rata-rata hasil belajar sebelum menggunakan media pembelajaran puzzle kreatif
64,08 dan setelah menggunakan media pembelajaran puzzle kreatif rata-rata 78,28 dengan
peningkatan sebesar 22,16%.