Representasi Hopelessness dalam MV BTS Spring Day (Analisis Semiotika Roland Barthes)

  • Vinta Sevilla Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Ratu Nadya Wahyuningratna Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Kata Kunci: BTS, Hopelessness, Music Video, Semiotika, Spring Day

Abstrak

Musice Video merupakan salah satu alat komunikasi efektif untuk menyampaikan sebuah pesan. Dari
segi sinematografi, lirik hingga properti dapat menjadi sebuah sarana untuk menyampaikan suatu ide. Pesan
yang disampaikanpun beragam, mulai dari cerita percintaan, kesedihan, pertemanan hingga perasaan
kesepian. Satu hal yang ekstrim, pesan-pesan seperti kesehetan mental yang terganggu hingga keinginan
untuk bunuh diri pun saat ini bdapat disampaikan dalam sebuah music video. Salah satunya adalah music
video Spring Day milik boyband asal Korea Selatan, BTS. Grup yang selalu sukses menuangkan ide mereka
dalam lirik lagu-lagunya kali ini ingin menyampaikan pesan tentang bagaimana anak muda dapat kehilangan
harapan karena kerinduan yang mendalam terhadap sosok yang sangat berarti baginya. Peneliti akan
menganalisa music video tersebut menggunakan analisis semiotika Roland Barthes untuk mencari
representasi hopelessness yang digambarkan dalam lirik dan visualisasinya

Diterbitkan
2022-11-01