Tingkat Kepuasan Mahasiswa pada Proses Belajar Mengajar Jarak Jauh
Abstrak
Pandemi yang melanda seluruh dunia, mengharuskan proses beajar mengajar dilaksanakan
secara daring atau proses pembelajaran jarak jauh, dengan memanfatkan teknologi informasi, media
elektronik sebagai media penyampaian materi pembelajaran selama pandemic dan selama pembatasan
social. Metodologi Penelitian Kuantitaif Deskriptif dengan melakukan survey ke mahasiswa program
Studi Pendidikan Tata Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta, Angkatan 2017 sampai
Angkatan 2021, dengan jumlah populasi 289 mahasiswa, perhiungan dengan rumus sample Slovin
menghasilkan sampel sebanyak 145 mahasiswa. Hasil penelitian, menghasilkan Tingkat kepuasan
mahasiswa pada proses belajar mengajar jarak jauh secara daring yang meliputi Empati : 28%, daya
tanggap 32%, kepastian 21%, kehandalan 19%. Hal ini menunjukan bahwa penyampaian materi
perkuliahan secara daring kurang optimal