How Does the Use of Shopee Live Affect Consumer Information Needs ?

  • Witanti Prihatiningsih Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Wa Ode Seprina Telkom University
  • Aan Setiadarma Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Keywords: communication, e-commerce, information seeking, information needs, shopee

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan tercepat di kawasan dalam hal jumlah
pengguna e-commerce. Jumlah ini terus bertambah, apalagi ketika pemerintah mengeluarkan peraturan
tentang Work From Home (WFH) di masa pandemi Covid-19. Salah satu e-commerce paling populer di
Indonesia adalah Shoppee, dengan jumlah pengguna terbanyak berada di Jakarta. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Shopee Live, sebuah fitur di aplikasi Shopee, terhadap
kebutuhan informasi di kalangan ibu rumah tangga di Jakarta berdasarkan teori pencarian informasi.
Metode kuantitatif dengan analisis regresi digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa secara simultan, intensitas menonton, isi konten, dan prioritas pencarian di Shopee Live berpengaruh
signifikan terhadap kebutuhan informasi ibu rumah tangga di Jakarta. Secara parsial, intensitas menonton di
Shopee Live berpengaruh signifikan terhadap kebutuhan informasi. Demikian juga isi konten, yang
berpengaruh signifikan terhadap kebutuhan informasi. Berbeda dari keduanya, prioritas pencarian di Shopee
Live tidak berpengaruh signifikan terhadap kebutuhan informasi di kalangan ibu rumah tangga di Jakarta.

Published
2022-11-02