Pengaruh Komunikasi E-WOM, Konten Video, Intensitas Menonton dan Review Konsumen terhadap Keputusan Berwisata Kuliner

  • Lasmery RM Girsang Universitas Bunda Mulia
  • Ilona Vicenovie Oisina Situmeang Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Kata Kunci: E-WOM, konten, kuliner, menonton, review

Abstrak

Media dengan segala kontennya hadir untuk memenuhi kebutuhan akan informasi manusia, tidak terkecuali informasi seputar kuliner. Dalam perkembangannya, media sosial merupakan platform terbanyak dan kerap dipakai untuk pencarian dan pemenuhan kebutuhan informasi oleh masyarakat luas. Di sisi lain, dari pelaku bisnis kuliner, salah satu bentuk promosi yang sedang viral adalah dengan membuat video di youtube yang berkembang hingga sekarang menjadi food vlogger. Berisikan konten yang mengulas nilai atau kekhasan makanan atau minuman berasal dari wilayah tertentu yang viral, kini f-vlogger telah mendominasi tayangan kuliner di youtube. Termasuk youtube Mgdalenaf yang telah mencapai 4.19 juta subscriber (data per 24 Desember 2022), memuat informasi, video, dan review dari para penggemar kuliner mengenai produk makanan yang sedang viral, enak dan harga yang terjangkau menjadi objek penelitian ini. Penelitian bertujuan melihat keterkaitan/pengaruh antar variabel yakni E-WOM, Konten Video, Intensitas Menonton dan Review Konsumen terhadap Keputusan Berwisata Kuliner yang diuji melalui Uses and Gratification Theory). Dengan menggunakan simple random sampling terhadap 100 responden (dengan menggunakan rumus Slovin), ditemukan hasil dimana terdapat pengaruh diantara keseluruhan variabel berdasarkan pengujian asumsi klasik serta beragam uji statistik (nilai Cronbach Alpha > 0,60 serta dengan sig < 0,05). Dengan demikian, baik reliabilitas maupun validitas teruji atas 48 butir pernyataan yang direspon oleh seluruh responden.

Diterbitkan
2022-11-03