Fenomenologi Konten Kreator Dalam Mengedukasi Masyarakat Melalui Media Sosial Tiktok

  • Ananda Zhazaretta FIKOM-UPI Y.A.I
  • Lidia Djuhardi FIKOM-UPI Y.A.I
Kata Kunci: Fenomenologi, Konten Kreator, Pendidikan, Media TikTok

Abstrak

Media sosial TikTok telah menjadi platform penting bagi para konten kreator untuk menyebarkan
berbagai informasi, termasuk pendidikan bagi masyarakat. Terkait dengan penyebaran informasi yang
bersifat mendidik, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman dan motivasi para konten
kreator dalam menyajikan konten-konten edukasinya pada media Tik Tok, serta cara mereka memaknainya.
Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan studi fenomenologi, untuk menggali pengalaman, motivasi
dan makna konten kreator dalam mengedukasi masyarakat di TikTok. Melalui analisis data kualitatif dari
wawancara mendalam serta observasi dengan beberapa konten kreator yang berfokus pada pendidikan,
studi ini mengidentifikasi pola-pola esensial dalam pengalaman dan cara para konten kreator memaknainya.
Para informan adalah para konten kreator, yang dipilih secara purposive, dimana mereka memiliki
pengalaman di bidangnya, terutama konten-konten yang sifatnya mengedukasi. Hasil penelitian
mengungkapkan bahwa beberapa pengalaman para informan dalam membuat, menyajikan kontenkontennya
adalah hal yang sangat menarik karena melibatkan emosional konten kreator dan audiensnya.
Hal tersebut juga didukung motivasi mereka dalam memberikan informasi yang bersifat mendidik.
Sedangkan makna edukasi melalui media TikTok bagi para konten kreator adalah bahwa TikTok
dipandang sebagai alat yang efektif untuk menyampaikan informasi dengan cara yang kreatif serta mampu
menarik perhatian audiens yang lebih luas. Implikasi dari temuan ini menjelaskan pemahaman lebih
mendalam tentang peran konten kreator TikTok dalam mengedukasi, dimana Tik Tok tidak hanya dianggap
media hiburan semata, namun juga bermanfaat bagi masyarakat terutama dalam mendidikmasyarakat

Diterbitkan
2023-10-23