Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Dan Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Kematangan Emosi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Tangerang Selatan
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara
dukungan sosial keluarga dan pola asuh demokratis orang tua dengan kematangan emosi SMA
Negeri 12 Tangerang Selatan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah probability
sampling dengan subjek penelitian sebanyak 160 responden. Metode pengumpulan data
menggunakan skala yaitu skala kematangan emosi, dukungan sosial keluarga, dan pola asuh
demokratis dengan menggunakan teknik analisis Bivariate Correlation dengan program SPSS 27.0
for windows. Analisis dukungan sosial keluarga dengan kematangan emosi memiliki hasil dengan
nilai R = 415 p = 0,000 dan hubungan antara pola asuh demokratis sebesar R = 0,311 p = 0,000. Hal
ini berarti dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial
keluarga dengan kematangan emosi dan juga terdapat hubungan positif yang signifikan antara pola
asuh demokratis dengan kematangan emosi. Selanjutnya, hasil uji analisis data dengan Multivariate
Correlation untuk mengukur hubungan antara dukungan sosial keluarga dan pola asuh demokratis
memperoleh nilai R = 0,423, R square 0,179 dan p = 0,000 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa
terdapat hubungan antara dukungan sosial keluarga dan pola asuh demokratis dengan kematangan
emosi pada siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Tangerang Selatan