Strategi Komunikasi Pemasaran Hijau Dalam Pemberdayaan Kewirausahaan Masyarakat Mat Peci
Abstrak
Trend model komunikasi pemasaran yang diterapkan dalam perusahaan atau lembaga. Hal ini karena
perubahan haluan konsep pengembangan ekonomi yang pada awalnya berfokus pada kesejahteraan
masyarakat saja menjadi ekonomi hijau atau suatu gagasan ekonomi yang bertujuan untuk meningkatkan
kesejahteraan dan kesetaraan sosial masyarakat, sekaligus mengurangi risiko kerusakan lingkungan secara
signifikan. Green marketing atau pemasaran hijau merupakan konsep yang berkaitan dengan semua
kegiatan pemasaran dan perkembangannya, untuk merangsang dan membentuk perilaku konsumen yang
peduli terhadap keberlangsungan lingkungan Komunitas Mat Peci merupakan komunitas yang peduli
terhadap masyarakat sekitar DAS Ciliwung dengan mendirikan kelompok UMKM binaan untuk
membentuk kemandirian warga. Namun UMKM belum memiliki daya saing, sehingga dibutuhkan strategi
komunikasi pemasaran yang baru untuk dapat masuk ke pasar. Salah satunya dengan menerapkan
komunikasi pemasaran hijau Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Pemasaran
Hijau Dalam Pemberdayaan Komunitas Wirausaha Mat Peci Green Camp Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara semi stuktur dan observasi partisipan pasif serta kajian pustaka. Teknik sampling menggunakan
teknik snowball sampling serta grand theory yang digunakan yaitu teori perencanaan komunikasi. Peneltian
ini dilakukan pada Komunitas Mat Peci, Srengseng Jakarta Selatan.
Pada segi produksi, komunitas telah menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan bagi bahan baku
produknya baik bahan baku utama maupun kemasan. Selain itu komunitas telah melakukan manajemen
limbah bagi limbah produksinya, dengan membuat saluran limbah tersendiri yang dapat d daur ulang serta
pemisahan sampah. Pada sisi marketing, komunitas telah menggunakan model pemasaran tertuju melalui
komunitas-komunitas peduli lingkungan untuk mempromosikan dan memasarkan produknya serta
menggunakan media sosial dalam memberikan edukasi serta mempromosikan produk walaupun saat ini
belum dirasa efektif.