Pengembangan Media Pembelajaran berupa Video Tutorial Materi Sulaman Burci
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video tutorial materi
sulaman burci guna meningkatkan kreativitas dan efektivitas belajar siswa, serta dilakukan penilaian oleh
ahli materi dan ahli media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D dengan
model PPE (Planing, Production, Evaluation). Objek penelitian ini berupa produk pengembangan video
tutorial sulaman burci. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Busana di SMK Negeri 3 Cikarang
Barat, dengan siswa XI A Tata Busana sebagai uji coba kelompok kecil sebanyak 12 siswa, dan siswa XI B
Tata Busana sebagai uji coba kelompok besar sebanyak 38 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
media pembelajaran berupa video tutorial pada materi sulaman burci dapat meningkatkan hasil belajar dan
efektivitas belajar siswa. Video tutorial sulaman burci memperoleh kriteria sangat layak dengan skor
presetase penilaian oleh ahli materi 95% dan ahli media 83,3%. Video tutorial materi sulaman burci
terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran dengan perolehan nilai rata-rata siswa pada uji coba
kelompok kecil untuk pre-test sebesar 76,83 dan untuk post-test meningkat menjadi 85,17. Perolehan nilai
rata-rata pada uji coba kelompok besar unuk pre-test sebesar 75,71 dan untuk post-test meningkat menjadi
85,13 dengan rata-rata peningkatan sebanyak 9,42. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media
video tutorial materi sulaman burci terbukti sangat layak dan efektif digunakan sebagai alat bantu mengajar
pada mata pelajaran pembuatan hiasan busana.