Hubungan Persepsi Pola Asuh Authoritative dan Konsep Diri dengan Perilaku Asertif pada Siswa SMK

  • Fidhiya Shabihah Alimah Alfariza FPSI-UPI Y.A.I
  • Fara Dwi Andjarsari FPSI-UPI Y.A.I
Kata Kunci: Perilaku Asertif, Persepsi Pola Asuh Authoritative, Konsep Diri

Abstrak

Perilaku asertif adalah suatu kemampuan untuk menyampaikan dan mengekspresikan perasaan
secara langsung dan jujur tanpa menyinggung perasaan serta hak orang lain. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui hubungan persepsi pola asuh authoritative dan konsep diri dengan perilaku asertif
pada siswa SMK. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan metode kuantitatif. Populasi
berjumlah 216 siswa dan sampel berjumlah 144 siswa. Metode pengambilan sampel dengan
menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tiga
skala yaitu skala perilaku asertif, skala pola asuh authoritative, dan skala konsep diri dengan
menggunakan skala Likert. Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terdapat
hubungan dengan arah positif antara persepsi pola asuh authoritative dengan perilaku asertif sebesar
0,333 dan terdapat hubungan dengan arah positif antara konsep diri dengan perilaku asertif sebesar
0,227. Hasil analisis data dengan korelasi ganda menggunakan SPSS 29.0 for macOS diperoleh
koefisien korelasi nilai R sebesar 0,343 dan R square sebesar 0,118 dan P = 0,001 < 0,05. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan dengan arah positif antara persepsi pola asuh
authoritative dan konsep diri dengan perilaku asertif pada siswa SMK.

Diterbitkan
2023-10-23