KETERKAITAN KONSEP DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMAN 2 BABELAN

  • Mayang Oktani Mahardhika
  • Yulianita Yulianita
Kata Kunci: Prokrastinasi Akademik, Konsep Diri, Dukungan Sosial Orang Tua

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan konsep diri dan dukungan sosial orang tua
dengan prokrastinasi akademik pada pelajar kelas XI IPA SMAN 2 Babelan Bekasi. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 180 pelajar kelas XI IPA dengan 138
pelajar sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple
random sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Bivariate correlation
dan Multivariate Correlation dengan program SPSS 25 Statistics for Windows. Analisis dengan
menggunakan Bivariate correlation menunjukkan bahwa ada hubungan ke arah negatif yang signifikan
antara konsep diri dengan prokrastinasi akademik dengan nilai korelasi r= -0,592, p= 0,000 (p<0,05) dan
ada hubungan ke arah negatif yang signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan prokrastinasi
akademik diperoleh nilai korelasi r= -0,549, p= 0,000 (p<0,05). Analisis berikutnya dengan menggunakan
Multivariate correlation diperoleh nilai R = 0,676, p= 0,000 (P<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat
hubungan konsep diri dan dukungan sosial orang tua dengan prokrastinasi akademik pada pelajar kelas XI
IPA SMAN 2 Babelan Bekasi.

Diterbitkan
2024-02-22