PENGARUH CITRA MEREK DAN DAYA TARIK IKLAN DI INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI PRODUK IBOX INDONESIA

  • Sultannudin Sultannudin
  • Ilona Vicenovie Oisina Situmeang
Kata Kunci: Citra Merek, Daya Tarik Iklan, Minat Bel

Abstrak

Peranan teknologi informasi dalam bidang komunikasi begitu penting pada saat ini, sebagai contoh
penggunaan internet pada media baru seperti Instagram. Dikenal sebagai layanan berbagi foto dan video
secara daring kepada penggunanya, Instagram juga dapat dijadikan sebagai media sosial untuk tujuan bisnis
dalam mendukung kegiatan komunikasi pemasaran. Seperti yang dilakukan oleh iBox Indonesia pada
produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Merek dan Daya Tarik Iklan terhadap
Minat Beli Produk iBox Indonesia. Mengacu pada penggunaan paradigma positivistik, penelitian sistematis
dan objektif ini akan menguji teori kemungkinan elaborasi dengan asumsi penggunaan jalur rute utama dan
rute pinggiran dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa Citra Merek berpengaruh secara parsial terhadap Minat Beli Produk iBox Indonesia. Daya Tarik
Iklan memiliki pengaruh secara parsial terhadap Minat Beli Produk iBox Indonesia serta Citra Merek dan
Daya Tarik Iklan secara simultan memengaruhi Minat Beli Produk iBox Indonesia.

Diterbitkan
2024-02-22