Perancangan Media Edukasi Pola Makan Sehat Melalui Komik Strip Bergaya Kartun Indonesia

  • Samantha Triana Putri
  • Ratih Mahardika
Kata Kunci: komik, sehat, remaja

Abstrak

Makanan merupakan salah satu kebutuhan utama semua makhluk hidup dan terdapat aturan tertentu
dalam mengkonsumsinya. Edukasi tentang konsumsi makan makanan sehat biasanya telah sejak dini
diberikan baik secara formal maupun non-formal. Namun tercatat sejumlah penyakit diantaranya yaitu
obesitas, diabetes, dan anemia yang ternyata sering dialami oleh remaja usia 10-14 tahun (remaja awal)
akibat dari pola makan yang tidak sehat. Usia tersebut merujuk pada usia anak sekolah pendidikan dasar
dan pendidikan menengah pertama. Hal tersebut disebabkan oleh masih banyaknya remaja tidak sarapan,
kurang konsumsi sayur dan buah, sering mengkonsumsi makanan manis dan berlemak berlebihan, kurang
aktivitas fisik dan lainnya. Oleh sebab itu perlu metode penyampaian edukasi melalui alternatif media, salah
satunya dengan komik strip digital. Alasan menggunkan komik strip digital karena komik memiliki gambar
ilustrasi dengan alur cerita tidak biasa dan sistematis, tidak tekesan formal, dan mudah dibaca dimana pun
sehingga informasi yang disampaikan mudah dipahami. Dalam pembuatan ilustrasi digunakan gaya kartun
khas Indonesia yang diterapkan dalam perancangan komik strip. Gaya kartun seperti salah satu komik
Indonesia yang terkenal yaitu Si Juki yang memiliki gaya kartun sederhana, memiliki line art tebal, dan
mata lingkaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode design thinking jenis double
diamond yang dimana memiliki 4 tahap penilitian yaitu Discover (tahap mencari data permasalahan),
Define (mencari konsep Peranacangan), Develop (Tahap pengembangan konsep perancangan), dan Deliver
(tahap penyelesain perancangan)

Diterbitkan
2024-02-22