Pengaruh Electronic Word of Mouth di Instagram Terhadap Minat Beli Produk Lokasaji

  • Cantika Putri Angelyna
  • Syaifuddin Syaifuddin
Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Media Sosial, Instagram,Minat Beli, Lokasaji

Abstrak

Electronic Word of Mouth yang berisikan rekomendasi dan tinjauan di media sosial
memudahkan pemasar dalam memberikan informasi terkait produk atau jasa, dan memudahkan
konsumen mendapatkan informasi serta rekomendasi suatu produk atau jasa. Ini memiliki potensi
dalam menunjang pemasaran khususnya mempengaruhi minat beli konsumen terhadap produk.
Electronic Word of Mouth terjadi di beberapa platform media sosial, salah satunya adalah
Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksplanatif. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan 100 responden yang dipilih melalui teknik
simple random sampling. Analisis data menggunakan uji korelasi, regresi linear sederhana,
menghitung koefisien determinasi, serta melakukan uji parsial untuk melihat pengaruh variabelvariabel secara terpisah. Hasil penelitian menunjukkan, Electronic Word of Mouth di Instagram
memiliki pengaruh yang siginifikan terhadap minat beli produk Lokasaji, dengan korelasi yang
sangat kuat dan bernilai positif. Artinya, Electronic Word of Mouth di Instagram memberikan
kontribusi terhadap minat beli produk Lokasaji

Diterbitkan
2024-02-22