Pengalaman Komikus Indonesia Dalam Memasarkan Komik Digital Melalui Instagram

  • Supradaka Supradaka UPI Y.A.I
  • Susi Yunarti UPI Y.A.I
Kata Kunci: Komik digital, Komikus, Pemasaran media sosial, Instagram, Fenomenologi

Abstrak

Karya komik semakin banyak ditemukan di Instagram dan dijadikan sebagai bagian dari bisnis di era
digital, karena sebagian besar bisnis percetakan komik di Indonesia telah mengalami kesulitan/gulung
tikar, seperti halnya bidang penerbitan manapun di dunia yang dipengaruhi oleh disrupsi digital. Karya
komik hanya akan berkembang jika memiliki pembaca dan pembeli. Untuk itu komikus perlu memiliki
pemahaman yang kuat tentang konsep pemasaran digital. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
pengalaman komikus Indonesia dalam memasarkan komik digital melalui Instagram. Penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode fenomenologi pada kreator
komik/komikus Indonesia. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa pengalaman positif
yang diperoleh komikus Indonesia dalam memasarkan komik digital melalui instagram yaitu komikus
lebih dikenal luas oleh konsumen, dapat membangun reputasi, menarik perhatian dan menggerakkan
tindakan-tindakan konsumen untuk melakukan aksi pembelian.

Diterbitkan
2023-10-23