PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS (SURVEY PADA KELAS VIII SMP NEGERI DI KABUPATEN KARAWANG)

  • Praditya Putri Utami

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh positif Motivasi Belajar dan disiplin diri terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Penelitian ini dilaksanakan pada 3 sekolah SMP negeri di Karawang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Instrumen penelitian menggunakan angket prestasi belajar Bahasa Inggris sebagai variabel terikat (Y) sedangkan instrumen angket motivasi belajar ( X1 ) dan disiplin diri (X2) sebagai variabel bebas. Metode yang digunakan adalah Explanatory Survey method.Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah model analisis regresi, untuk mengetahui pengaruh dari variabel bebas dengan variabel terikat, uji statistik menggunakan uji t.Hasil penelitian menunjukan: 1)Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan disiplin diri terhadap prestasi belajar Bahasa (Fo = 27,174 dan Sig. 0,000< 0,05), 2)Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris (thitung= 5,257 dan Sig. 0,000< 0,05), 3)Terdapat pengaruh yang signifikan disiplin diri terhadap prestasi belajar Bahasa Inggris(thitung = 2,310 dan Sig 0,000< 0,05). 

Diterbitkan
2018-11-12