Pola Komunikasi Customer Service Dalam Menangani Komplain Pelanggan (Studi Pada PT. Inti Tama Karsa, Jakarta)

  • Ilona Vicenovie Oisina Situmeang Universitas Persada Indonesia Y.A.I

Abstrak

Pelayanan  yang  baik  erat  kaitanya  dengan  keberhasilan  perusahaan  dalam  memenuhi  kepuasan  konsumen,  perusahaan  harus  bisa  mengembangkan  kerjasama  dengan  konsumen  dalam  penyampaian  layanan  yang  prima. Aspek  pelayanan  sangat  penting  bagi  berkembangnya  bisnis.  Pelayanan merupakan  peran  dari  customer  service    berhubungan  langsung  dengan  pelanggan. Pertanyaan  penelitian  adalah:  “Bagaimana  Pola  Komunikasi   Customer  Service  dalam  Menangani  Komplain  pelanggan  (Studi  Pada  PT Inti Tama Karsa, Jakarta). Penelitian ini menggunakan Model komunikasi Dua Arah, menggunakan konsep Komunikasi Interpersonal, Pola Komunikasi, Customer Service, Komplain Pelanggan, Penanganan Komplen. Menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif dan sifat penelitian deskriptif. Customer Service menetapkan Pola Komunikas customer service dalam menangani komplain pelanggan, dimulai mengenal dan memahami karakter pelanggan, menyusun pesan yang disampaikan ke pelanggan, menetapkan cara menerima keluhan sampai menyelesaikan keluhan pelanggan dan melakukan follow-up kepada pelanggan.  Adapun keluhan yang disampaikan pelanggan.

Diterbitkan
2023-11-01