HUBUNGAN SELF EFFICACY DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN STRES AKADEMIK PADA SISWA-SISWI KELAS XI DI SMA NEGERI 4 JAKARTA PUSAT

  • Astry Safiany
  • Anastasia Sri Maryatmi2

Abstrak

Sekolah mempunyai arti yang sangat penting bagi kehidupan dan perkembangan siswa, tetapi sekolah juga dapat menjadi sumber masalah yang dapat memicu terjadinya stres karena siswa banyak menghabiskan waktu di sekolah. Stres yang terjadi di lingkungan sekolah disebut dengan stres akademik. Stres akademik diakibatkan oleh faktor internal yang salah satunya self efficacy yang dimiliki siswa dan faktor eksternal yang berupa dukungan sosial teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self efficacy dan dukungan sosial teman sebaya dengan stres akademik pada siswa-siswi kelas XI di SMA Negeri 4 Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik multivariate correlation. Sampel dalam penelitian ini adalah 136 siswa-siswi kelas XI di SMA Negeri 4 Jakarta Pusat dengan teknik pengambilan sampel Proportionate Stratified Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa skala likert. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan self efficacy dan dukungan sosial teman sebaya dengan stres akademik pada siswa-siswi kelas XI di SMA Negeri 4 Jakarta Pusat dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,536 dan p = 0,000 < 0,05. Kontribusi self efficacy dan dukungan sosial teman sebaya dengan stres akademik dengan hasil R2 = 0,287 sebesar 28,7%sedangkan sisanya sebesar 71,3% menyangkut sumbangan dari faktor lain yang tidak diteliti.

Diterbitkan
2018-11-18