PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE, WORD OF MOUTH DAN SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN GRAB
Abstrak
Penelitian ini untuk me ngetahui pengaruh variabel Perceived Ease of Use (X1), Word of Mouth (X2) dan Service Quality (X3) terhadap Keputusan Penggunaan (Y). Penelitian ini merupakan studi kasus dengan metode penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling sebanyak 50 responden yaitu Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen UPI-Y.A.I. Pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan kuesioner. Analisa data kuantitatif mencakup analisis determinasi dan regresi linear berganda (simultan) serta uji hipotesis uji-t dan uji-F. Pengolahan data menggunakan program SPSS 17 for windows. Nilai koefesien determinasi (Adjusted R2) sebesar 0,712 artinya 71,2% variasi variabel keputusan penggunaaan dapat diprediksi dari kombinasi seluruh variabel Perceived Ease of Use, Word of Mouth dan Service Quality. Persamaan regresi diperoleh ?= 3,436 + 0,577 X1+ 0,121 X2 + 0,237 X3. Nilai F hitung sebesar 41.406 dengan nilai signifikansi 0,000, artinya secara serentak seluruh variabel Perceived Ease of Use, Word of Mouth dan Service Quality berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Penggunaan Grab pada Mahasiswa/i FEB Jurusan Manajemen UPI-Y.A.I. Model regresi dari hasil penelitian ini terbukti benar dan layak digunakan untuk peramalan.