Budaya Literasi dengan Kemampuan Mengarang Siswa di SD Dinamika (TPST Bantargebang)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya literasi dengan kemampuan mengarang siswa SD Dinamika Bantargebang. Sekolah tersebut terletak ditengah tempat pembuangan sampah terakhir dan disekitar gunungan sampah. Budaya literasi sedang diutamakan dalam pendidikan di sekolah, sehingga perlu diketahui budaya literasi di berbagai keadaan lingkungan yang berbeda dan dikaitkan dengan kemampuan mengarang siswa SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional, yaitu penelitian yang menguji dua variabel atau lebih mempunyai hubungan atau tidak. Sampel penelitian yang digunakan yaitu purposive sampling dengan mempertimbangkan objek penelitian. Hasil penelitian ini yaitu Budaya literasi dengan kemampuan mengarang siswa kelas VI di SD Dinamika Indonesia terdapat hubungan yang signifikan. didapatkan t hitung sebesar 3,708 dan t tabel sebesar 1,703. Maka t hitung (3,708) > t tabel (1,703) dan dapat dikatakan bahwa H1 diterima. Nilai r hitung sebesar 0,490. Nilai r tabel dari signifikan 0,05 dan df 28 adalah 0,374. Maka nilai r hitung (0,574) > r tabel (0,361).