PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI DUKUNGAN SOSIAL DAN KEPERCAYAAN DIRI PADA REMAJA (SISWA SMP) DI RUSUNAWA JATINEGARA BARAT

  • Nur Hidayah
  • Nur Hidayah
  • Sondang Maria J. Silaen

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dan kepercayaan diri dengan prestasi belajar pada remaja (siswa SMP) di rumah susun sederhana sewa (RUSUNAWA) Jatinegara Barat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah dukungan sosial dan kepercayaan diri sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan menggunakan teknik probability sampling yaitu simple random sampling. Sampel yang digunakan adalah 40 remaja siswa SMP kelas 7 dan 8 yang tinggal di rusunawa Jatinegara Barat. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan Skala Likert untuk dukungan sosial dan kepercayaan diri serta nilai rapor untuk prestasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah bivariate correlation dan multivariate correlation menggunakan program SPSS for windows versi 22.00. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat hubungan ke arah positif antara dukungan sosial dan kepercayaan diri dengan prestasi belajar pada remaja (siswa SMP).

Diterbitkan
2018-11-19