PENGARUH FAKTOR KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE (Survey Pada Followers Instagram @tiket.com)

  • Marina Ery Setiyawati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
Kata Kunci: Faktor Keamanan, Keputusan Pembelian, Followers, tiket.com

Abstrak

E-commerce merupakan salah satu penjualan digital yang sering digunakan sampai saat ini,
dimana dengan pembelian melalui e-commerce dapat mempermudah konsumen melakukan
transaksi, namun ketakutan konsumen akan hal-hal yang tidak diinginkan. Faktor keamanan
merupakan salah satu faktor konsumen untuk melakukan pengambilan keputusan untuk membeli.
Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar pengaruh faktor kemana terhadap keputusan
pembelian di e-commerce tiket.com. Dalam penelitian ini menggunakan variabel faktor keamanan
dan variabel faktor keputusan pembelian. Dengan menggunakan paradigma positivisme,
pendekatan kuantitatif, sifat penelitian eksplanatif dan metode penelitian survey. Populasi dalam
penelitian ini adalah followers akun Instagram @tiket.com, dengan menggunakan rumus slovin
diperoleh 100 sampel penelitian. Hasil yang diperoleh untuk uji korelasi sebesar 0.683, merupakan
hubungan Cukup Kuat. Uji hipotesis diperoleh nilai variabel X Faktor keamanan didapt nilai
sebesar 3.636 (T Hitung) > 1.985 (T Tabel), disimpulkan terdapat pengaruhnya bersignifikan
parsial antara variabel Faktor keamanan kepada variabel Keputusan pembelian.

Diterbitkan
2024-10-27