Hubungan Kecerdasan Emosional dan Growth Mindset dengan Self Efficacy pada Siswa Kelas XI SMAN 4 Jakarta
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan antara kecerdasan emosional dan growth mindset dengan
self efficacy pada siswa kelas XI SMAN 4 Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
proposional random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 140 siswa dari populasi 210 siswa.
Hasil analisa menggungakan metode bivariate correlation menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif
yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan self efficacy (r = 0,330) hal ini menunjukkan bahwa
semakin baik kecerdasan emosional, maka akan diikuti oleh semakin baiknya self efficacy, selanjutnya
hubungan positif yang signifikan antara growth mindset dengan self efficacy (r = 0,274) hal ini menunjukkan
bahwa semakin baik growth mindset, maka akan diikuti oleh semakin baiknya self efficacy. Selanjutnya, hasil uji
multivariate
colleration pada hubungan antara kecerdasan emosional dan growth mindset dengan self efficacy
menghasilkan koefisien r = 0,363 dan r
2
= 0,132, p = < 0,001. Kecerdasan emosional memberikan kontribusi
sebesar 10,9% dan growth mindset memberikan kontribusi sebesar 7,5% terhadap self efficacy. Hal ini
menunjukkan adanya hubungan antara kecerdasan emosional dan growth mindset dengan self efficacy pada
siswa kelas XI SMAN 4 Jakarta.