PENGARUH PROKRASTINASI AKADEMIK DAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP STRES SISWA KELAS XII MIPA

  • Talenta Farah Wahidayati Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia Y.A.I
  • Inayah Wibawanti Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia Y.A.I
Kata Kunci: Kata Kunci : prokrastinasi akademik, dukungan sosial keluarga, stres akademik

Abstrak

Stres akademik adalah tekanan yang dialami siswa karena tuntutan akademik, yang dapat
memengaruhi kesehatan mental dan performa belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh prokrastinasi akademik dan dukungan sosial keluarga terhadap stres akademik pada siswa
kelas XII MIPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional.
Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel
sebanyak 92 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa skala Likert untuk mengukur
tingkat stres akademik, prokrastinasi akademik, dan dukungan sosial keluarga. Data dianalisis
menggunakan uji T, ANOVA, dan uji asumsi klasik. Hasil analisis menunjukkan bahwa prokrastinasi
akademik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap stres akademik (t = 15,199, P < 0,001),
sedangkan dukungan sosial keluarga memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap stres
akademik (t = -3,671, P < 0,001). Uji ANOVA menunjukkan kedua variabel tersebut secara bersama-
sama berpengaruh signifikan terhadap stres akademik (F = 116,610, P < 0,000). Dengan demikian,
prokrastinasi akademik meningkatkan stres akademik, sedangkan dukungan sosial keluarga
menurunkan stres akademik pada siswa kelas XII MIPA.

Diterbitkan
2025-07-02