KECERDASAN ADVERSITAS DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN RESILIENSI AKADEMIK SISWA SMP X JAKARTA TIMUR
KECERDASAN ADVERSITAS DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN RESILIENSI AKADEMIK SISWA SMP X JAKARTA TIMUR
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan adversitas dan dukungan sosial teman sebaya
dengan resiliensi akademik pada siswa tahun ajaran pertama SMP X Jakarta Timur. Penelitian menggunakan
metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan sampel sebanyak 40
siswa. Pengambilan data menggunakan skala Likert terdiri dari skala resiliensi akademik, skala kecerdasan
adversitas, dan skala dukungan sosial teman sebaya dengan menggunakan program SPSS 22.00 for windows.
Hasil analisis teknik bivariate correlation menunjukkan ada hubungan yang signifikan dengan arah positif
antara kecerdasan adversitas dengan resiliensi akademik dimana koefisien korelasi (rx1y) = 0,711 serta adanya
hubungan yang signifikan dengan arah positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi akademik
dimana koefisien korelasi (rx2y) = 0,336. Selanjutnya uji hipotesis teknik multivariate correlation menunjukkan
ada hubungan yang signifikan dengan arah positif antara kecerdasan adversitas dan dukungan sosial teman
sebaya dengan resiliensi akademik dengan R sebesar 0,729. Sumbangan efektif antara kecerdasan adversitas dan
dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi akademik sebesar 53,2% sedangkan 46,8% merupakan
sumbangan dari faktor lain yang tidak diteliti.