PENGARUH SIKAP BELANJA ONLINE TERHADAP TRUST MELALUI MEDIATOR KEPUASAN PELANGGAN

PENGARUH SIKAP BELANJA ONLINE TERHADAP TRUST MELALUI MEDIATOR KEPUASAN PELANGGAN

  • Selviana Selviana
  • Retno Budi Setyowati

Abstrak

ABSTRAK
Kemajuan teknologi yang semakin berkembang, membuat internet tidak hanya digunakan
untuk berkomunikasi dan sumber informasi, tetapi juga sebagai media perdagangan
elektronik atau yang lebih dikenal dengan e-commerce (elektronik commerce). Dalam ecommerce,
banyak produk yang dijual dan dibeli secara online dengan harga yang dapat
bersaing dengan harga toko. Mudahnya proses transaksi yang dapat dilakukan kapan saja dan
dimana saja dan harga barang yang lebih terjangkau, membuat e-commerce menjadi pilihan
berbelanja. Maka dari itu, melalui penelitian ini peneliti ingin mengetahui sikap belanja
online terhadap trust melalui mediator kepuasan pelanggan. Responden penelitian adalah
orang-orang yang pernah belanja online pada jaringan Indonesia dan digunakan sendiri.
Jumlahnya adalah 184 orang dengan teknik accidental sampling. Pengumpulan data
menggunakan kuisioner google.docs yang disebarkan melalui Whats up dan analisa data
menggunakan path analysis dengan program Lisrel. Hasil analisis menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh sikap belanja online terhadap trust melalui mediator kepuasan pelanggan.

Diterbitkan
2018-11-19