Penggunaan E-Learning Cybercampus V2 dan Implikasinya terhadap Kinerja Dosen di Fakultas Vokasi Universitas Airlangga
Abstrak
Cybercampus merupakan sebuah konsep dalam dunia pendidikan yang mengacu pada
penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk menciptakan lingkungan
pembelajaran berbasis digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
dengan wawancara secara langsung dan literature review. Penelitian kualitatif merupakan
jenis penelitian yang bersifat fleksibel dan berfokus pada pengamatan yang bisa dilakukan
secara langsung. Penelitian ini membahas pengalaman dosen dalam penggunaan e-learning
Cybercampus V2 dan dampaknya terhadap kinerja dosen di Fakultas Vokasi Universitas
Airlangga. Keberadaan Cybercampus V2 sebagai web e-learning memberikan kemudahan
untuk dosen dalam integrasi data BKD yang terintegrasi dengan pusat data nasional
SISTER serta monitoring dan approval kegiatan eksternal dan MBKM mahasiswa. Namun,
dalam ranah sistem, fitur, pengembangan, pendampingan dan atau sosialisasi error,
Cybercampus V2 dinilai kurang unggul dalam pembaharuan lebih mendalam dibandingkan
dengan web terdahulunya yakni Cybercampus V1 dalam hal meningkatkan efektivitas
kinerja dosen.