Strategi Pembelajaran Metode RADEC : berfikir kritis dan kreatif pada hasil produk ecoprint mahasiswa
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengukur proses kreativitas mahasiswa dalam membuat hasil produk motif ecoprint pada kain tekstil, dengan pembelajaran berbasis proyek, dengan menerapkan model pemelajaran Radec; (Read)-Membaca; (Answer)-menjawab; (Diskusi)-diskusi, (Experiment)-praktek; (Creativity)-kreatif. Metode penelitian penelitian eksperimen kuantitatif R&D model ADDIE, pada hasil akhir dalam penciptaan karya seni motif tekstil produk ecoprint mahasiswa. Sample penelitian 60 mahasiswa dengan kelas control. Hasil penelitian, menunjukkan peningkatan minimum yang signifikan dalam keterampilan berpikir kreatif dalam skor kelompok kontrol di antara mahasiswa dari pre-test (M=62,3, SD=2,84) ke post-test (M=65,4, SD=2,47), t(29)=4,54 dengan ρ-value=0,001<0,05, menunjukkan signifikansi keterampilan berpikir kreatif di antara mahasiswa.