DIRECT RATING METHOD UNTUK MENGUKUR EFEKTIVITAS IKLAN MELALUI MEDIA TELEVISI (STUDI PADA IKLAN TEH PUCUK HARUM)

DIRECT RATING METHOD UNTUK MENGUKUR EFEKTIVITAS IKLAN MELALUI MEDIA TELEVISI (STUDI PADA IKLAN TEH PUCUK HARUM)

  • Fanni Husnul Hanifa
  • Astri Wulandari
  • Widya Sastika
Kata Kunci: Iklan, Media Televisi, Direct Rating Method

Abstrak

ABSTRAK
Periklanan memegang peran dalam keberhasilan sebuah perusahaan. Periklanan dapat disajikan melalui berbagai media,
salah satunya adalah media elektronik yaitu melalui televisi. Meskipun saat ini tengah marak periklanan melalui media
sosial dan media online, namun televisi masih menjadi media yang diperhitungkan oleh perusahaan untuk
mempromosikan produknya. Teh pucuk harum, yang merupakan pemain baru dalam industri teh siap minum dalam
kemasan, telah berhasil menjadi top brand index dalam beberapa tahun belakang ini dan bahkan saat ini menjadi
pemimpin dalam pasar teh non cup jasmine. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas iklan teh
pucuk harum melalui media televisi dengan menggunakan direct rating method. Adapun sub variabel yang
digunakan adalah attention, read throughness, respon kognitif, respon afektif dan respon sikap. Hasil dari
penelitian ini adalah skor total keseluruhan sub variabel sebesar 84.075 yang menunjukan bahwa iklan teh
pucuk pada media televisi sudah sangat baik.

Diterbitkan
2018-11-19