PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PRODUK TELKOMSEL 4G” (STUDI KASUS PELANGGAN PRODUK KARTU TELKOMSEL DI KOTA BANDUNG TAHUN 2017)

PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PRODUK TELKOMSEL 4G” (STUDI KASUS PELANGGAN PRODUK KARTU TELKOMSEL DI KOTA BANDUNG TAHUN 2017)

  • Krishna Kusumahadi

Abstrak

ABSTRAK
Masyarakat didorong agar menggunakan teknologi terbaru 4G, pelaku usaha dan pemerintah harus
mengusahakan kebutuhan masyarakat sehingga masyarakat dapat menggunakan 4G. Telkomsel telah menjadi
perusahaan penyedia produk seluler dan jaringan data internet terbesar di Indonesia. Telkomsel menyediakan
layanan jaringan data internet 4G dengan berbagai keunggulan dan jaringan yang luas dirasa sangat mampu
untuk memenuhi kebutuhan konsumen di era teknologi informasi saat ini. Namun saat ini penggunaan produk
data internet 4G belum bisa menarik banyak minat konsumen. Pada penelitian ini ingin mengetahui seberapa
besar Service Quality dan Corporate Image yang berpengaruh pada Loyalitas Konsumen penguna layanan
produk 4G Telkomsel. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian secara
deskriptif verifikatif, dengan teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Berdasarkan
penelitian yang telah dilakukan terhadap 100 orang responden, didapatkan kesimpulan bahwa variable Service
Quality (X1), Corporate Image (X2) secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap Customer Loyalty
(Y) sebesar 64.12%, sisanya sebesar 35.88% dipengaruhi faktor lain yang tidak masuk dalam penelitian.

Diterbitkan
2018-11-19