WACANA BERITA INFOGRAFIK INSTAGRAM TIRTO.ID CRITICAL DISCOURSE ANALYSIS “MILLENIAL TAK SETIA PADA KANTORNYA”
WACANA BERITA INFOGRAFIK INSTAGRAM TIRTO.ID CRITICAL DISCOURSE ANALYSIS “MILLENIAL TAK SETIA PADA KANTORNYA”
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk memahami makna ataupun tujuan di balik teks artikel di
instagram tirto.id yang di posting pada tanggal 21 november 2017, yang berbunyi Millennial Tak
Setia Pada Kantornya, dengan menggunakan Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough.
Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana konstruksi wacana pemberitaan media online instagram
tirto.id di tinjau dari analisis wacana kritis Norman Fairclough. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
hasil analisis, dari aspek analisis teks, terdapat tematik yang di usung sebagai ide utama artikel
instagram tirto.id tersebut. yaitu untuk menyampaikan gagasan bahwa millennial sebagai generasi
yang tidak loyal pada perusahaan. Pada aspek analisis produksi teks, di ketahui bahwa teks dalam
instagram tirto tersebut semata mata digunakan sebagai marketing tools untuk menarik lebih
banyak kunjungan ke website portal tirto.id dan meningkatkan jumlah traffic. Pada aspek analisis
sosial di ketahui bahwa pemberitaan millennial tak setia tidaklah sepenuhnya benar. Kecenderungan
ini tentu bisa di lihat dari berbagai sudut pandang. Kenyataanya saat ini banyak generasi millennial
yang produktif dan melakukan terobosan.