MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING USAHA KECIL MENENGAH

MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING USAHA KECIL MENENGAH

  • Catarina Cori Pradnya Paramita
  • Netty Laura

Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini memandang bahwa Usaha Kecil, dan Menengah (UKM) merupakan salah satu
bidang usaha strategis yang berperan penting dalam perekonomian Indonesia. Oleh karena
pentingnya keberadaan UKM, maka kinerja UKM perlu ditingkatkan agar kontribusi kepada
perekonomian terus meningkat. Peningkatan kinerja UKM juga mendorong keunggulan
bersaing UKM yang dipengaruhi berbagai faktor, diantaranya adalah faktor internal yaitu
kompetensi individu atau para pelaku UKM yang mengarah pada timbulnya inovasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor dalam mencapai
keunggulan bersaing UKM. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada
responden yaitu UKM di Jakarta Utara dengan menggunakan alat analisis Smart PLS 3. Hasil
analisa data menyebutkan bahwa Kompetensi Individu berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Inovasi, Kompetensi Individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja,
Inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, Inovasi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Keunggulan Bersaing, dan Kinerja berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Keunggulan Bersaing.

Diterbitkan
2018-11-19