ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENJADI NASABAH PADA BANK NAGARI CABANG JAKARTA

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENJADI NASABAH PADA BANK NAGARI CABANG JAKARTA

  • Shanty Dewi Fauzy

Abstrak

ABSTRAK
Perkembangan bisnis bertumbuh pesat di Indonesia termasuk bisnis pada industri
perbankan. Agar tidak kalah bersaing bank harus bisa memenangkan hati masyarakat untuk
menarik minat menjadi nasabah. Berbagai upaya dilakukan oleh perbankan untuk
memenangkan persaingan, namun terlihat dari data pertumbuhan jumlah penabungnya Bank
Nagari Cabang Jakarta mengalami masalah dalam menarik minat masyarakat untuk menjadi
penabung dimana terjadi penurunan jumlah nasabah penabung dalam kurun waktu lima tahun
terakhir. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi minat menjadi nasabah pada Bank Nagari Jakarta.
Variabel yang diteliti adalah citra perusahaan, produk tabungan, dan Word of Mouth
sebagai variabel yang menjadi penyebab, dan minat masyarakat menjadi nasabah sebagai
variabel akibat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan subjek penelitian
adalah calon nasabah penabung pada Bank Nagari Cabang Jakarta dengan sampel 120
responden namun kuisioner yang dikembalikan adalah 108 kuisioner. Metode pengumpulan
data menggunakan kuisioner dengan Skala Likert, dan alat analisisnya adalah uji validitas, uji
reliabilitas, dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS.
Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t, uji F, dan uji R square.

Diterbitkan
2018-11-19