Intervensi Pada Anak Yang Mengalami Kesulitan Membaca Di Taman Baca Anakku Sayang

  • Zeni Afrilya Universitas Gunadarma
  • Ruri Handayani Universitas Islam sumatera barat
  • Roza Elmanika Putri Universitas Islam Sumatera Barat
  • Eka Putri Amelia Surya Universitas Islam Sumatera Barat
  • Maghriza Novita Syahti Universitas Islam Sumatera Barat
  • Nofita Lindriani Universitas Islam Sumatera Barat

Abstrak

Intervensi diberikan kepada subjek yang mengalami kesulitan membaca. Adapun intervensi yang dilakukan diantaranya adalah Terapi okupasi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan subjek dalam membaca, psikoedukasi terhadap subjek dan keluarga yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta menambah wawasan, family therapy untuk keluarga subjek yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta menumbuhkan kesadaran orangtua akan pentingnya peran orangtua dalam perkembangan anak. Evaluasi intervensi yang diberikan kepada subjek menunjukkan sudah ada peningkatan kemampuan membaca, adanya perubahan pada perilaku subjek serta juga pada orang tua subjek. Selain itu, Orang tua subjek sudah mulai memahami dan mengerti penerapan pola pengasuhan yang lebih baik terhadap subjek sesuai dengan kondisi dan tahap perkembangan subjek.

Diterbitkan
2025-07-07