Strategi Komunikasi Simbolik dalam Website Pembelajaran Bahasa Inggris: Kajian Semiotika Digital
Abstrak
Studi ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi simbolik dari sebuah situs web pembelajaran bahasa Inggris menggunakan semiotika digital. Fokus utama adalah pada bagaimana mahasiswa semester kedua Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia Politeknik Negeri Media Kreatif menganalisis elemen visual termasuk ikon, peringatan, tata letak, dan simbol pada situs web yang mereka gunakan. Menggunakan pendekatan kualitatif dan desain studi kasus, penelitian ini juga mengacu pada teori semiotika oleh Charles Sanders Peirce dan Kress & van Leeuwen tentang multimodalitas. Data dikumpulkan melalui observasi visual, penulisan semi-terstruktur, dan dokumentasi internet. Temuan studi menunjukkan bahwa simbol visual di situs web memiliki peran penting dalam menggambarkan konsep-konsep pendidikan dan mendorong pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Pemaknaan simbol bersifat kontekstual dan dipengaruhi oleh persepsi visual serta penguasaan desain. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan situs web pendidikan yang lebih menarik secara visual dan komunikatif.